NEW PROMO

KEBIJAKSANAAN ITU DIKETAHUI SAAT DATANGNYA AMARAH


 ثلاثة لا تعرف إلا بثلاثة: لا يعرف الحكيم إلا عند الغضب ولا الشجاع إلا في الحرب ولا أخوك إلا عند الحاجة إليه.

Ada 3 perkara yang tidak engkau ketahui kecuali dalam 3 hal :
1. Orang yang bijaksana ketika ia marah
2. Keberanian saat perang
3. Saudaramu saat engkau membutuhkannya
( Luqmanul Hakim )
Bijaksana

Jangan mengaku bijaksana jika belum ada orang memancing amarahmu , karena kebijaksanaan akan terlihat saat emosimu memuncak namun engkau masih bisa tersenyum manis dan itulah tanda kekuatan jiwa

Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,

« لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ »

“Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah” ( Hr Bukhari )

Seorang yang meledak ledak emosinya saat marah adalah orang yang lemah sebenarnya . Tetapi banyak orang yang suka marah karena menganggapnya itu sebagai simbol kekuatan dan ketegasan .

Sungguh kita bisa tegas tanpa harus marah dan orang yang marah marah itu belum tentu tegas , ia marah hanya untuk menutupi kekurangan dirinya .

Seseorang yang bisa tetap bijak ketika ia marah , maka ALLAH SWT akan memintanya untuk memilih bidadari yang ia suka

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,

« مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلاَئِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مِنَ الْحُورِ مَا شَاءَ »

“Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka ALLAH SWT akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya” ( Hr Abu Daud )

Seseorang boleh saja mengaku berani ,tetapi keberanian sejati akan tampak saat peperangan terjadi ,apakah ia akan menjadi pendosa besar dengan melarikan diri dari peperangan atau ia siap bersimbah darah dan meregang nyawa menjemput kesyahidan di medan perang .

Keberanian sejati adalah mampu berkata benar walau pahit di dengar , itulah kebenaran dia adalah hal yang tidak boleh berubah sampai kapanpun

Ulama berkata :

قل الحق ولو كان مرا
،" Katakanlah yang benar walau pahit "

Berani itu berbeda dengan nekat ,kalau orang nekat itu tidak ada persiapan dan tujuannya bukan ALLAH SWT sedangkan keberanian itu adalah sesuatu yang di persiapkan dan hanya Allah yang menjadi tujuan dalam perjuangannya

ALLAH SWT berfirman :

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggetarkan musuh ALLAH SWT …” [Al Anfal : 60)

Dan keberanian sejati adalah seseorang yang berani berjuang untuk tegaknya nilai nilai tauhid di negerinya dan ia siap menghadapi apapun resikonya .

Telah bercerita kepada kami Sulaiman bin Harb telah bercerita kepada kami Syu'bah dari 'Amru dari Abu Wa'il dari Abu Musa radliallahu 'anhu berkata; Datang seorang laki-laki kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu berkata: "Seseorang berperang untuk mendapatkan ghanimah, seseorang yang lain agar menjadi terkenal dan seseorang yang lain lagi untuk dilihat kedudukannya, manakah yang disebut fii sabilillah?" Maka Beliau bersabda: "Siapa yang berperang untuk meninggikan kalimat ALLAH dialah yang disebut fii sabilillah". ( Hr Bukhari )

Saudara sejati itu bukan yang tertawa bersamamu namun ia yang hadir saat engkau membutuhkan pertolongannya .

Best friend itu ia yang siap mendengarkan keluhanmu walau engkau belum bisa memberikan solusi untuknya .

Orang itu kadang di dengar masalahnya saja sudah menjadi obat baginya , maka jika engkau memilki masalah ceritakanlah kepada sahabat yang engkau percaya ,agar dadamu lapang dan pikiranmu tenang .

Mendengarkan masalah teman itu bagaikan kita menyediakan wadah untuk bebannya agar segera tumpah ,karena ia bisa berbahaya jika tidak menemukan jalannya .

Kepo terhadap permasalahan teman bagian dari iman karena itu tanda kita peduli terhadapnya , karenanya jangan remehkan pertanyaan " gimana kabarmu dan keluarga atau ada yang bisa dibantu ? Walau ia hanya basa basi , tetapi sungguh itu bisa menyentuh hati .

Ulama berkata ;

مودة الصديق تظهر وقت الضيق
" Kecintaan seseorang itu akan tampak saat ia dalam kesulitan"
صديقك من ابكاك لا من اضحكك
" Temanmu adalah yang menangis bersamamu bukan yang tertawa bersamamu "

Saat Imam Ali di tanya berapa jumlah temanmu ? , beliau menjawab nanti akan ku hitung saat aku menghadapi kesulitan .



KEBIJAKSANAAN ITU DIKETAHUI SAAT DATANGNYA AMARAH KEBIJAKSANAAN ITU DIKETAHUI SAAT DATANGNYA AMARAH Reviewed by thefilosofis on January 21, 2019 Rating: 5

No comments:

PROMO DISKON %

Powered by Blogger.